© 2017

  • Pinterest - Black Circle
  • Black Facebook Icon
  • Black Instagram Icon

Jakarta, Indonesia | denewwws@gmail.com | +6281232003614

Kenapa Kartun Hanya Punya 4 Jari ???

March 31, 2017

 

Apakah kamu salah satu orang yang lahir dan tumbuh besar dengan menonton kartun?, Jika iya kamu pasti tidak sadar bahwa hampir semua kartun yang kamu tonton hanya memiliki 4 jari saja, contohnya karakter Disney, Simpson, ataupun Spongebob. Karakter kartun sudah memiliki 4 jari dari dulu, beberapa mungkin memiliki 5 jari, tetapi mayoritas animasi kartun memilih menggambar 4 jari saja. Kenapa itu menjadi standard kartun di dunia? ChannelFrederator membuat video yang menjelaskan mengapa itu bisa terjadi, dan juga sejarah kartun di dunia. Mari kita lihat beberapa alasannya:

 

1. Lebih Nyaman Di lihat

Jika kamu melihat kartun maka otak akan memproses bahwa itu adalah sesuatu yang tidak nyata, walaupun di gambar dengan tangan dan kaki, tetap saja kartun itu tidak seperti manusia. Jika digambar dengan 5 jari maka otak kita secara tidak langsung akan merasa aneh dan tidak nyaman saat menontonnya karena terlalu mirip dengan orang.

 

 

2. Gampang Di gambar

jari merupakan bagian yang paling susah digambar, karena itu jika menggambar 4 jari saja sudah cukup untuk membuat suatu karakter, maka akan lebih baik 4 jari, Terus kenapa tidak 3 jari saja?? ternyata 3 jari terlalu tidak realistis, jika karakter binatang maka akan terlihat normal, tetapi untuk kartun yang seperti orang dan bisa berdiri dan mengambil barang, maka paling cocok adalah 4 jari.

 

 

 

3. Lebih Hemat Dalam Animasi

Dalam menggambar animasi kartun, terkadang illustrator harus menggambar ulang kartun yang bergerak berulang-ulang, jika harus menggambar 5 jari setiap kali maka akan memakan waktu lebih lama yang berarti memakan biaya lebih banyak.

 

 

 

Jika animasi barat kebanyakan memakai 4 jari, bagaimana dengan anime? kartun serperti naruto, dragonball, sailormoon memakai 5 jari semua. Ternyata itu semua kembali ke budaya masing-masing, angka 4 di Jepang adalah angka yang menandakan kematian, dan juga pada zaman dulu jika seorang preman yakuza berbuat salah maka dia haru memotong salah satu jarinya. Para kartunis tentu saja tidak mau karakter mereka terlihat seperti preman yakuza yang berbuat salah.

 

 

 

 

Share on Facebook
Share on Twitter
Please reload

10 Ide Kado Paling Cocok Untuk Orang Kreatif

November 14, 2018

Coba Lihat Lebih Dekat Lukisan Craig Alan

November 13, 2018

Rahasia menggambar Icon Dengan Gampang di Illustrator

November 6, 2018

1/10
Please reload